TUJUAN PENYUSUNAN SOP
Adapun tujuan penyusunan SOP adalah
sebagai berikut:
1.
Karyawan
dapat bekerja dengan konsisten pada setiap unit kerjanya.
2.
Karyawan
dapat mengetahui peran dan fungsinya pada setiap posisi dalam organisasi atau
perusahaan dengan benar.
3.
Memperjelas
alur tugas, wewenang, dan tanggung jawab setiap karyawan.
4.
Melindungi
perusahaan dan karyawan dari kesalahan operasional jalannya organisasi.
5.
Menghindari
kesalahan, kegagalan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
SOP dibuat
untuk dilaksankan secara tepat dan benar oleh semua pihak yang ada di
perusahaan. Ruang lingkup administrasi SOP mencakup semua proses yang terjadi
dalam suatu perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung, internal maupun
eksternal. Selain digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan atau organisasi
publik yang berkaitan dengan ketepatan program dan waktu pelaksanaannya, SOP
juga digunakan untuk menilai kinerja yang dilaksanakan setiap unit kerja atau
divisi.
Agar SOP
dapat dilaksanakan secara tepat, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah
sebagai berikut.
1.
SOP
terdokumentasikan dengan baik.
2.
Memiliki
jaringan di setiap unit kerja atau divisi yang ada dalam perusahaan.
3.
Ada
pernyataan dari seluruh karyawan, mulai dari jajaran direksi hingga
karyawan level bawah, untuk berkomitmen
mematuhi dan menjalankan SOP
tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar