Senin, 15 Agustus 2016

Tujuan Penyusunan SOP


TUJUAN PENYUSUNAN SOP



       Adapun tujuan penyusunan SOP adalah sebagai berikut:
1.    Karyawan dapat bekerja dengan konsisten pada setiap unit kerjanya.
2.    Karyawan dapat mengetahui peran dan fungsinya pada setiap posisi dalam organisasi atau perusahaan dengan benar.
3.    Memperjelas alur tugas, wewenang, dan tanggung jawab setiap karyawan.
4.    Melindungi perusahaan dan karyawan dari kesalahan operasional jalannya organisasi.
5.    Menghindari kesalahan, kegagalan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.

       SOP dibuat untuk dilaksankan secara tepat dan benar oleh semua pihak yang ada di perusahaan. Ruang lingkup administrasi SOP mencakup semua proses yang terjadi dalam suatu perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung, internal maupun eksternal. Selain digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan atau organisasi publik yang berkaitan dengan ketepatan program dan waktu pelaksanaannya, SOP juga digunakan untuk menilai kinerja yang dilaksanakan setiap unit kerja atau divisi.

       Agar SOP dapat dilaksanakan secara tepat, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.
1.      SOP terdokumentasikan dengan baik.
2.      Memiliki jaringan di setiap unit kerja atau divisi yang ada dalam perusahaan.
3.      Ada pernyataan dari seluruh karyawan, mulai dari jajaran direksi hingga
       karyawan level bawah, untuk berkomitmen mematuhi dan menjalankan SOP
       tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar