PENGERTIAN STANDARD OPERATING PROCEDURE
(SOP)
Setiap
perusahaan ingin usahanya tetap bertahan, berkembang, dan memenangkan
persaingan dengan usaha lain. Agar kondisi tersebut dapat tercapai, perusahaan
harus memiliki pedoman, aturan atau prosedur kerja tertentu yang bersifat
tetap, rutin dan tidak berubah-ubah dalam kegiatan setiap unit kerja. Ketika
prosedur kerja tersebut dibakukan menjadi dokumen tertulis, prosedur kerja itu
disebut sebagai Standard Operating
Procedure (SOP).
Jika, diartikan per kata, standard
(standar) adalah ‘ukuran tertentu yang dipakai sebagai patokan’. Patokan inilah
yang menjadi acuan pokok yang wajib dipatuhi oleh setiap pimpinan atau
perusahaan dapat berjalan sesuai visi dan tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam administrasi perkantoran, operating (operasional) berkaitan dengan
kegiatan atau aktivitas kerja. Aktivitas kerja tersebut menggmbarkan alur
kegiatan kerja yang bersifat rutin dan tidak rutin yang terikat dengan aturan
yang telah ditentukan.
Sementara itu, procedure (prosedur) memuat tahapan atau rincian yang berhubungan
dengan proses pekerjaan. Jika digabungkan, SOP merupakan rangkaian tata
pelaksanaan kerja yang diatur secara berurutan sehingga terbentuk urutan kerja
secara bertahap dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Beberapa pengertian SOP yang dikemukakan
oleh para ahli adalah sebagai berikut.
·
William Wand Donald dan Paul
H.Schwartz
Dalam bukunya
yang berjudul Standard Operating
Procedures (SOPs) for Research in Weed Technology (1995), William Wand
Donald dan Paul H. Scwhwartz mengemukakan bahwa SOP adalah perumusan dari
prosedur yang digunakan secara berulang-ulang dalam ukuran yang spesifik atau
sebagai suatu contoh yang berisi cara mengerjakan sesuatu.
·
Gareth R. Jones
Dalam bukunya
yang berjudul Organizational Theory, Text, and Cases (2001), Gareth R. Jones
mengemukakan bahwa SOP merupakan bagian dari peraturan tertulis yang membantu
mengontrol perilaku anggota organisasi. SOP mengatur cara pekerja untuk
melakukan peran keorganisasiannya secara terus menerus dalam pelaksanaan tugas
dan tanggung jawab organisasi.
·
Istyadi Insani
Dalam
Kebijakan Prosedur operasi standar Administrasi Pemerintahan di Indonesia
(2010), Istyadi Insani mengemukakan SOP adalah petunjuk tertulis yang menggambarkan
dengan tepat tahapan pelaksanaan tugas, pekerjaan, atau kegiatan.
·
International
Organization for Standardization (ISO) 2001 tentang
Manjemen Mutu
SOP merupakan
kehidupan dari sistem manajemen yang berfungsi sebagai pedoman prosedur, dan instruksi
kerja.
Berdasarkan beberapa pengertian
tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Standard
Operating Procedure (SOP) adalah suatu pedoman yang mengatur tahapan suatu
proses atau prosedur pekerjaan tertentu yang bersifat rutin, tetap, tidak
berubah-ubah, dan dituangkan menjadi dokumen tertulis yang dapat diakses oleh
setiap karyawan yang dijadikan standar untuk pelaksanaan prosedur kerja.
Berikut adalah beberapa istilah lain
terkait SOP yang perlu Anda ketahui.
·
Standar
Prosedur Operasi (SPO), merupakan terjemahan istilah SOP yang biasa digunakan
pada bidang perkebunan.
·
Prosedur
Operasi Standar (POS), merupakan terjemahan istilah SOP yang biasa digunakan
pada bidang keamanan.
·
Standar
Operasional Baku (SOB), merupakan terjemahan istilah SOP yang biasa digunakan
pada bidang industri.
· Prosedur
Tetap (Protap), merupakan istilah dalam birokrasi pemerintahan, khususnya di
lingkungan militer dan kepolisian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar